Download Aplikasi Happy Express di Google PlayStore

Tracking dengan Mudah Melalui Genggaman

Layanan Kami

  • KILAT (Kirim Hari Ini Langsung Sampai Tujuan) - Sameday
  • EST (Esok Sampai Tujuan) 1 - 2 Hari
  • RPS (Reguler Paket Servis) 2 - 5 Hari
  • CARS (Cargo Servis) - Pengiriman dalam jumlah banyak/ukuran lebih besar

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi

Layanan Asuransi

Layanan Asuransi

Atas setiap kehilangan dan/atau kerusakan paket yang terjadi pada saat menggunakan layanan pengiriman dari Happy Express dan terjadi karena kelalaian Happy Express, pengguna layanan Happy Express akan mendapatkan manfaat pertanggungan asuransi sebagaimana ditentukan di bawah ini

  1. Pengajuan atas kerusakan dan/atau kehilangan atas paket milik Pengguna tidak dapat diajukan untuk barang-barang sebagai berikut:
    1. Merupakan barang yang termasuk ke dalam Barang Yang Dilarang dan Barang Yang Bernilai Tinggi sesuai yang ditetapkan oleh Happy Express.
    2. Dokumen berharga termasuk namun tidak terbatas pada : Sertifikat Kepemilikan dan/atau Sertipikat Hak Milik (SHM) dan Sertipikat Hak Guna Bangungan (HGB), Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Sertifikat Tanda Kelulusan (contoh Ijazah, Transkrip Akademis dan Sertifikat lainnya), Passport, Visa, Sertifikat Deposit Bank, Obligasi, dan Voucher (MAP, Game, dll).
    3. Barang yang tidak dikemas sesuai dengan ketentuan pengemasan Happy Express dengan memperhatikan sifat dari barang.
    4. Makanan basah atau makanan matang yang akan rusak dalam waktu maksimal 1x24 jam ataupun makanan yang membutuhkan temperature khusus untuk penyimpanannya.
  2. Happy Express tidak bertanggung jawab serta memberikan penggantian atas klaim yang diajukan untuk hal-hal sebagai berikut :
    1. Kehilangan kegunaan pada Paket yang tidak rusak secara fisik.
    2. Keterlambatan, kehilangan atau kerusakan Paket karena keadaan memaksa (force majeure) seperti bencana alam, aksi huru-hara, pemberontakan, dan keadaan-keadaan di luar kemampuan HAPPY EXPRESS lainnya.
    3. Semua kerusakan dan resiko teknis pada Paket berupa mesin dan barang elektronik yang terjadi selama proses pengiriman oleh HAPPY EXPRESS yang menyebabkan tidak berfungsinya Paket.
    4. Kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kehilangan, kerusakan, dan/atau keterlambatan pengiriman Paket.
    5. Penahanan, penyitaan atau pemusnahan Paket oleh pihak yang berwenang yang termasuk namun tidak terbatas pada: Bea Cukai, Karantina, Polisi, Kejaksaan, dan instansi-instansi berwenang lainnya.
  3. Hanya berlaku untuk pengiriman yang tercatat di sistem Happy Express.
  4. Pengguna wajib memenuhi seluruh ketentuan pengajuan klaim yang diberlakukan termasuk namun tidak terbatas pada syarat dan ketentuan asuransi Happy Express serta perusahaan Asuransi rekanan dari Happy Express untuk mendapatkan penggantian kerugian atas kehilangan dan/atau kerusakan atas paket.
  5. Persetujuan ataupun penolakan serta besaran penggantian merupakan wewenang dan kebijakan yang mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dari perusahaan rekanan Asuransi yang digunakan oleh Happy Express.
  6. Penggantian kerugian akan diberikan langsung dari perusahaan Asuransi ke rekening Pengguna, oleh karena itu Pegguna menyatakan bahwa nomor rekening Pengguna yang diberikan kepada Happy Express adalah benar dan sesuai. Happy Express tidak bertanggungjawab atas kesalahan nomor rekening yang diberikan Pengguna.
  7. Perlindungan asuransi atas paket milik Pengguna hanya berlaku selama layanan pengiriman terhitung sejak barang sudah serahkan oleh Pengguna kepada Happy Express hingga diterima oleh Penerima atau Penerima Pengganti.
  8. Pengajuan klaim dapat dilakukan oleh Pengirim atau Penerima atau pihak yang terdaftar pada system milik Happy Express sebagai pemesan dari layanan pengiriman Paket tersebut.
  9. Happy Express tidak berkewajiban untuk memroses pengajuan atas klaim yang diajukan oleh Pengguna dalam hal klaim tersebut diajukan setelah melewati batas pengajuan klaim termasuk namun tidak terbatas dengan informasi ataupun dokumen yang perlu turut dilampirkan dalam pengajuan klaim tersebut.
  10. Happy Express akan memroses pengajuan klaim dari Pengguna dengan estimasi selama 6 (enam) sampai dengan 14 (empat belas) hari kerja sejak dokumentasi diterima secara lengkap oleh Happy Express. Nilai Penggantian di Bawah Rp.5.000.000,- Maksimum 6 hari kerja. Nilai Penggantian di Atas Rp.5.000.000,- Maksimum 14 hari kerja

Tata Cara Pengajuan Klaim

Dalam hal terdapat kerusakan dan/atau kehilangan atas paket yang dikirimkan melalui layanan Happy Express serta menggunakan asuransi dari Happy Express, maka Pengguna dapat mengajukan laporan kerusakan dan/atau kehilangan paket melalui fitur klaim pada Aplikasi Happy Express Mobile Apps dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Batas Waktu Pengajuan Klaim
    • Barang Rusak
      Pengguna dapat mengajukan klaim atas kerusakan paket terhitung sejak paket diterima oleh Penerima hingga maksimum 1x24 jam sejak paket diterima oleh Penerima ataupun Penerima Pengganti sesuai yang tercatat pada sistem milik Happy Express.
    • Barang
      Pengguna dapat mengajukan kehilangan atas paket terhitung sejak perkiraan waktu pengiriman. Pengajuan kehilangan hingga 7x24 jam sejak perkiraan waktu penerimaan.
  2. Kelengkapan Dokumen Pengajuan Klaim
    Pengguna wajib untuk melengkapi dokumen-dokumen di bawah ini sebagai dokumen penunjang dalam mengajukan klaim kerusakan dan/atau kehilangan atas paket.
    • Dokumen Pengajuan Klaim Kerusakan Barang
      1. Order ID / Nomor Resi (Airway Bill).
      2. Alasan Pengajuan Klaim beserta kronologi kejadian ataupun detail tambahan.
      3. Foto KTP Pemilik Akun / Pengaju Klaim.
      4. Informasi dan Detail Rekening Penerima Klaim (Wajib Sesuai Dengan Identitas Pengaju Klaim).
      5. Foto bukti kepemilikan paket/invoice/bukti pembayaran.
      6. Foto paket secara keseluruhan serta foto bagian kerusakan secara jelas.
      7. Foto invoice atas perbaikan paket dalam hal kerusakan atas paket masih bisa diperbaiki (penggantian maksimal adalah sesuai harga perbaikan namun tetap memperhatikan jenis perlindungan asuransi yang dipilih).
      8. Barang yang rusak dikirimkan ke alamat yang ditentukan oleh Happy Express (jika diperlukan oleh pihak asuransi, secara khusus untuk kategori elektronik dan otomotif)
    • Dokumen Pengajuan Klaim Kehilangan Barang
      1. Order ID / Nomor Resi (Airway Bill/AWB).
      2. Alasan Pengajuan Klaim beserta kronologi kejadian ataupun detail tambahan.
      3. Foto KTP Pemilik Akun / Pengaju Klaim.
      4. Informasi dan Detail Rekening Penerima Klaim (Wajib Sesuai Dengan Identitas Pengaju Klaim).
      5. Foto bukti kepemilikan paket/invoice/bukti pembayaran.
      6. Foto paket secara keseluruhan dengan jelas (untuk barang yang diterima dalam kondisi tidak lengkap dalam satu Paket).

    Dalam mengajukan klaim atas kerusakan dan/atau kehilangan paket, Pengguna harus memberikan informasi detail terkait dengan kerusakan dan/atau kehilangan paket yang dialami serta mempersiapkan dokumen-dokumen yang yang diminta. Pengguna sebagai pengaju klaim wajib menuliskan spesifikasi barang secara rinci pada kolom nama (contoh: Samsung S10, Black, 128GB, 1 Unit) Rekanan asuransi Happy Express dan Happy Express sewaktu-waktu dapat meminta dokumen-dokumen pendukung lain yang relevan sehubungan dengan pengajuan klaim atas kehilangan dan/atau kerusakan atas paket yang diperlukan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

  3. Maksimum Limit Penggantian Kerugian:
    Apabila Pengguna dapat menyertakan invoice atas paket dan dinyatakan sesuai oleh perusahaan asuransi rekanan dari Happy Express maka Pengguna akan mendapat penggantian sebagai Full Declare dengan maksimum penggantian untuk Perlindungan Standar sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah) dan untuk Perlindungan Ekstra sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah). Jika Pengguna tidak dapat menyertakan invoice atas paket ataupun invoice yang dilampirkan tidak sesuai dengan klaim yang diajukan maka Pengguna akan mendapat penggantian sebagai Not Declare dengan penggantian maksimal sesuai dengan jenis barang dengan memperhatikan jenis barang yang nyata dikirimkan pada tabel di bawah
  4. Apabila Paket bukan merupakan barang baru (bekas pakai), maka ketentuan penggantiannya sebagai berikut:
    Tabel Ganti Rugi jika Rusak > 75% Uang Pertanggungan Kondisi

    Keterangan Asuransi
    1-6 Bulan dari tanggal pembelian 100 %
    6-12 Bulan dari tanggal pembelian 85 %
    12-18 Bulan dari tanggal pembelian 70 %
    18-24 Bulan dari tanggal pembelian 55 %
    Lebih dari 24 Bulan dari tanggal pembelian 40 %

    Layanan asuransi ini didukung oleh Salvus Inti berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

    • Email CS Salvus Inti : CS@salvus.co.id
    • Whatsapp CS Salvus Inti : +62 821-1335-3479